5 Penyebab Kematian Terbesar Di Dunia

5 Penyebab Kematian Terbesar Di Dunia

  1. Penyakit jantung iskemik. Penyakit jantung iskemik masih menempati posisi pertama sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Di tahun 2015 sekitar 8,7 juta orang diperkirakan meninggal karenanya. WHO mengatakan posisi penyakit jantung iskemik sebagai pemimpin penyebab kematian ini tidak pernah tergoyahkan selama 15 tahun terakhir.
  2. Stroke. Mengikuti ketat dengan penyakit jantung iskemik, stroke juga menjadi salah satu penyebab kasus kematian tertinggi di dunia. Posisi stroke di nomor dua ranking penyebab kematian tak berubah seperti di tahun 2000 dengan jumlah korban meninggal diperkirakan mencapai 6,2 juta. Pada pasien stroke, meski dirinya selamat seringkali ia harus menghadapi kualitas hidup yang tidak lebih baik dibandingkan saat masih sehat. Hal itu karena seringnya pasien berakhir cacat.
  3. ISPA. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) rentan berakhir fatal bila terjadi pada anak-anak dan orang tua. Posisinya di ranking tiga penyebab kematian tertinggi di dunia tahun 2015 tak berubah seperti pada tahun 2000. Diperkirakan korban meninggal karena ISPA mencapai 3,1 juta jiwa.
  4. PPOK. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) adalah penyakit yang paling sering terjadi pada perokok. PPOK ini ditandai dengan keterbatasan aliran udara di saluran nafas karena adanya inflamasi paru dan bersifat progresif. Jumlah korban meninggal karena PPOK di tahun 2015 hampir mendekati ISPA yaitu di angka 3,1 juta jiwa. 
  5. KANKER PARU. Di tahun 2000 posisi kelima penyebab kematian tertinggi di dunia sebetulnya pernah diisi oleh penyakit diare. Hanya saja seiring berjalannya waktu ada pergeseran tren penyakit dan kini posisi kelima diisi oleh berbagai kasus kanker paru. Di tahun 2015 diperkirakan sekitar 1,6 juta orang meninggal karena kasus kanker paru
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s